fbpx

CR Sigap Bencana dengan Pembekalan dari BNPB Kota Bogor

Secara geografis, Indonesia berada di wilayah lingkaran api pasifik atau cincin api pasifik dimana merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik. Hal itu menjadikan , Indonesia merupakan negara yang rawan dengan bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.

Oleh karena itu pendidikan dasar terkait penanganan standar terhadap bencana perlu diajakan dan disosialisakin sejak dini kepada masyarakat dengan tujuan agar mereka bisa tanggap dan sigap saat terjadi bencana.

Bekerja sama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Kota Bogor sekolah Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School mengadakan sosialisasi Penanggulangan Bencana kepada seluruh siswa dan juga seluruh guru dan staf sekolah dengan tujuan agar semua masyarakat atau warga sekolah memahami hal-hal atau tindakan awal yang tepat untuk dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Adapun beberapa materi yang diberikan dalam sosialisasi tersebut diantaranya, cara memberikan pertolongan pertama saat terjadi kecelakan, cara yang tepat mengevakuasi dan menyelamatkan diri saat terjadi bencana, serta kepanikan-kepanikan yang sering dilakukan ketika bencana terjadi. Selain menyampaikan materi team dari BNPB juga sudah menyiapkan skema simulasi bencana (Gempa Bumi dan Kebakaran) tanpa sepengetahuan para peserta.

Alhamdulillah para peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan begitu antusias dan semangat. Eit, meskipun sudah diajarkan tentang penanganan saat terjadi bencana, sobat CR jangan lupa untuk waspada dan sigap dalam segala situasi dan juga tentunya perbanyak berdoa agar kita semua selalu terhindar dari mara bahaya dan bencana serta selalu dalam lindungan Allah SWT.(Harmain)

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Assalamualaikum

Terima kasih telah berkunjung ke website Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School. Silakan klik nama di bawah.

× Tanya Kami