fbpx

5 Manfaat Belajar dan Tinggal di Islamic Boarding School

Ada suatu masa misalnya saat dalam perjalanan pulang dari kantor, orang tua merenungkan sebuah hal, “Setelah lulus ananda akan melanjutkan sekolah dimana, apakah pesantren cocok bagi dirinya?” Pertanyaan serupa barangkali pernah dijumpai sang anak ketika guru kelasnya bertanya “Setelah ini mau lanjut sekolah dimana, ada yang mau mondok?”

Beragam bayangan dan pertimbangan muncul di benak keduanya terlebih bagi mereka yang belum pernah sama sekali mengenyam pendidikan dan tinggal di asrama/pondok. Apakah pendidikan di sekolah berasrama (boarding school) dapat memberikan bekal terbaik bagi siswa?

Absolutely, yes! Islamic Boarding School memberikan sebuah pengalaman yang tidak dimiliki sekolah pada umumnya. Beberapa penelitian menunjukkan hasil prestasi belajar siswa asrama lebih baik dibandingkan siswa non-asrama. Selain itu siswa boarding school merasa lebih siap dan mandiri ketika harus menjalani kuliah di tempat yang jauh, seperti di negara lain.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai hal-hal positif yang bisa didapatkan oleh siswa serta penjelasan manfaat tinggal di Islamic boarding school.

. . .

Apa Saja Manfaat Utama Belajar dan Tinggal di Islamic Boarding School ?

  • Membekali ilmu agama sejak dini

Dimulai dari adzan subuh (dari waktu sahur ketika hari puasa) hingga malam waktu isya, siswa ditanamkan untuk menjalankan kewajibannya menunaikan sholat fardlu berjamaah serta dibiasakan menjalankan sholat sunnah. Selain itu mereka juga memiliki jadwal membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, mengkaji kitab-kitab hadits dan kitab-kitab karangan ulama besar. Pendampingan dari pengajar/ustadz dalam ibadah dan kegiatan sehari-hari semakin melengkapi siswa-siswa dengan bekal ilmu agama yang bermanfaat dunia-akhirat.

  • Melatih kemandirian

Belajar hidup jauh dari orang tua dan keluarga lalu hidup dengan orang lain. Hal ini melatih mental anak-anak  dengan terbiasa menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah sendiri. Mereka juga belajar mengendalikan rasa takut dan kangen keluarga di awal-awal masuk asrama.

Berada di lingkungan asrama tidak berarti membuat anak-anak hidup sendiri. Mereka akan dikelilingi oleh teman-teman dan tentunya pembina asrama yang terlatih dalam membentuk kemandirian siswa. Pembina asrama tinggal di asrama selama 24 jam/7 hari mendampingi siswa untuk belajar bertanggung jawab dalam keseharian mereka. Selain itu para Pembina asrama juga turut mengawasi dan menjaga hal-hal aktivitas siswa setiap hari agar tetap nyaman, aman dan kondusif.

Membentuk sikap mandiri membutuhkan waktu seiring anak beranjak dewasa, namun dengan membentuk kebiasaan anak mulai dari hal-hal kecil seperti merapikan lemari, mengantar dan mengambil laundry akan membantu proses tersebut.

  • Atmosfer yang kondusif dalam mencapai prestasi terbaik

Boarding school pada umumnya berada di lokasi yang tenang, asri, jauh dari keramaian dan polusi. Lingkungan yang sejuk dan dikelilingi pemandangan yang indah tentu memberikan suasana belajar yang sangat kondusif bagi siswa.

Adapun program sekolah dan asrama sudah dirancang untuk mengoptimalkan potensi siswa oleh tim akademik. Program akademik ini dijalankan oleh tenaga pendidik yang berpengalaman dan didukung oleh fasilitas yang lengkap. Boarding school memiliki fasilitas lengkap seperti lab sains, lab computer, studio music, studio syuting, lapangan olahraga, ruang gym, perpustakaan.

Disamping itu, guru dapat mudah ditemui oleh siswa hingga waktu sore bahkan sebagian tenaga pengajar akan bergantian (piket) mendampingi siswa pada sesi belajar malam. Hal ini menempatkan siswa berada di tempat yang penuh dedikasi dalam pembelajaran dan perkembangan mereka.

Sebagai tambahan, selain menghabiskan waktu di bidang akademik siswa juga bisa memilih beragam kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini memanfaatkan waktu luang siswa agar digunakan untuk menambah skill dan ketrampilan mereka. 

Pada akhirnya program keseharian ini wajib diikuti oleh seluruh siswa dari waktu ke waktu sehingga juga melatih kedisiplinan siswa. Waktu pun menjadi sangat efektif karena siswa dapat berganti aktivitas dengan mudah tanpa harus menghabiskan waktu di perjalanan. Dengan bersekolah di boarding school, anak akan mendapatkan pendidikan kelas satu dan qualified.

  • Mengembangkan ketrampilan sosialisasi (social skill)

Saat siswa bersama-sama menjalani keseharian secara tidak sadar mereka sedang meningkatkan ketrampilan sosial. Siswa belajar berkomunikasi, bekerjasama, kolaborasi, sambil melatih mengelola emosi dan menjaga relasi yang baik dengan teman-temannya. Ketrampilan sosial ini tentu saja sangat membantu mereka di dunia kerja nanti.

Selain itu, relasi yang baik ini akan menjadi sebuah jaringan (network) yang kuat di masa depan nanti. Boarding school biasanya memiliki siswa dari berbagai daerah dan alumni yang tersebar ke berbagai daerah hingga ke luar negeri. Rasa kekeluargaan yang tercipta saat menghabiskan masa muda di boarding school akan melahirkan sebuah jaringan dengan pondasi ukhuwah (persaudaraan).

Kepedulian sosial juga secara langsung dipelajari oleh anak-anak. Mereka akan memahami pentingnya saling peduli terhadap orang lain misalnya  saat mengurus teman sekamar yang sakit. Meskipun tersedia fasilitas klinik dan tenaga medis, saat anak sakit teman sekamar lah yang akan membantu pertama kali. Disamping itu boarding school akan mendidik anak untuk hidup sederhana. Dengan beberapa aturan dan pembatasan terkait barang-barang pribadi yang boleh dibawa ke asrama akan mengajarkan siswa untuk tidak berlebihan dan menjalani kesederhanaan.

  • Kelas Kecil dan Pendekatan Personal yang Efektif oleh Wali Kelas

Kelas yang berisikan siswa dengan jumlah terbatas akan memberikan hasil akademik yang lebih baik. Siswa akan lebih mudah berinteraksi dengan para pengajar dan teman sekelas. Namun ada yang jauh lebih penting, yaitu wali kelas dan pembina asrama dapat secara efektif mengenal setiap siswa.

Boarding school memberikan waktu dan kesempatan bagi wali kelas dan Pembina asrama dalam mengenal potensi setiap diri siswa. Dengan mengenali bakat, kelebihan, bahkan kekurangan dan permasalahan individual siswa, wali kelas dapat membantu anak-anak dalam mengejar cita dan impian mereka.

Bimbingan (guidance) dan pengasuhan yang tepat diramu menjadi sebuah pendidikan karakter yang akan membentuk anak menjadi pribadi yang islami, berakhlak dan bermanfaat bagi masyarakat kelak.

. . .

Pengalaman belajar di islamic boarding school akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi anak-anak. Islamic boarding school menawarkan standar akademik yang tinggi dilengkapi dengan pendidikan karakter islami yang mempersiapkan setiap siswa untuk melangkah di kehidupan mereka selanjutnya.

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Assalamualaikum

Terima kasih telah berkunjung ke website Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School. Silakan klik nama di bawah.

× Tanya Kami